Khasiat Umbi Garut Untuk Lambung

umbi garut mengatasi asam lambung

Khasiat umbi garut untuk lambung. Memang masih banyak orang yang belum tahu mengenai khasiat/manfaat umbi garut untuk mengatasi asam lambung. Padahal umbi garut banyak mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh manusia khususnya lambung. Selama ini kita hanya mengetahui umbi garut sebagai makanan pengganti nasi yang hanya bisa membuat efek kenyang tanpa tau manfaat lainnya

Umbi garut mengandung zat yang sangat bervariatif seperti protein, lemak, serat, air, pati, zat besi, magnesium, abu, fosfor, vitamin B6, kalium, folat, riboflavin, dan tiamina. Dengan kandungan zat yang bervariatif tersebut menjadikan umbi garut memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh dan tak hanya sebagai pengenyang perut saja.

Manfaat Umbi Garut

1. Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat Umbi garut yang pertama adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Bubuk garut mengandung 32% pati resisten, yang tidak dapat dicerna oleh tubuh Anda. Ini membentuk gel kental bila dicampur dengan air dan berperilaku seperti serat larut di usus Anda.

Makanan tinggi serat dan pati resisten dapat memperlambat laju pencernaan Anda, memberi perasaan kenyang sepanjang hari. Yang akhirnya dapat mengatur nafsu makan Anda dan menyebabkan penurunan berat badan seperti yang dilansir dari Healthline.

2. Mengatasi Diare

Manfaat yang kedua adalah umbi garut dapat membantu mengatasi masalah diare baik untuk mengeraskan tinja ataupun mengembalikan cairan tubuh yang hilang saat diare. Kandungan sari pati yang tinggi mungkin bertanggung jawab karena meningkatkan konsistensi dan ukuran tinja.

3. Bermanfaat Untuk Ibu Hamil

Umbi garut memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibanding dengan jenis umbi-umbian yang lainnya. Umbi garut memiliki vitamin B9 yang bagus untuk pembentukan DNA pada janin di dalam kandungan sehingga sangat bagus dikonsumsi oleh ibu hamil. Tak hanya itu umbi garut juga rendah gluten dimana ini bermanfaat untuk mencegah perut ibu hamil kembung yang di akibatkan oleh berbagai macam hal.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat selanjutnya adalah umbi garut dapat dijadikan asupan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Umbi garut memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibanding dengan jenis umbi-umbian yang lainnya.

Dalam tanaman umbi garut terdapat lactobacillus sp aerob yang mengandung prebiotik oligosaccharida sehingga bisa menghilangkan bakteri jahat dalam usus. Usus yang sehat akan membuat daya tahan tubuh meningkat.

Pasalnya, makanan yang dikonsumsi bisa diserap dengan baik nutrisinya oleh usus sehingga tubuh mendapat asupan gizi yang lebih maksimal. Dengan kandungan nutrisi lengkap yang didapat oleh tubuh, pastinya imunitas juga akan lebih tinggi.

Umbi Garut Mengatasi Asam Lambung

Manfaat umbi garut lainnya adalah sebagai obat alami untuk mengobati asam lambung naik

Kandungan sari pati pada umbi garut ternyata bisa meningkatkan kadar pH lambung sehingga bisa menurunkan jumlah dan luka pada lambung.

Hal ini diperkuat dalam jurnal Potensi Antibakteri Umbi Garut sebagai Bahan Makanan Prebiotik yang di dalamnya dijelaskan kalau umbi garut bisa dijadikan sebagai makanan prebiotik yang di dalamnya mengandung pati resisten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *