Makanan Untuk Diet Pengganti Nasi

Makanan Untuk Diet Pengganti Nasi

Makanan Untuk Diet Pengganti Nasi. Nasi merupakan makanan pokok yang paling umum dikonsumsi oleh hampir semua masyarakat, sampai ada ungkapan “belum makan namanya kalau belum makan nasi”. Nasi kini memiliki beragam jenis nya tak hanya nasi putih, kini ada nasi yang berasal dari beras berwarna merah, beras berwarna hitam yang kaya akan serat dan karbohidrat.

Sebenarnya nasi memiliki karbohidrat yang baik untuk tubuh namun, konsumsi yang berlebihan membuat tubuh sulit mencerna makanan lain karena terlalu banyak karbohidrat. Jika kamu sedang melakukan program diet maka cobalah alternatif makanan pengganti nasi yang kaya akan karbohidrat kompleks ini. Apa saja makanan tersebu? Mari kita simak penjelasan dibawah ini.

7 Makanan Yang Baik Untu Diet

1. Pisang

Pisang merupakan buah yang sangat dikenal oleh masyarakat luas serta sering dikonsumsi. Buah pisang sendiri bisa dikonsumsi dengan berbagai cara: dimakan langsung, digoreng, dikukus, atau sebagai bahan campuran makanan lain. Di dalam pisang terkandung beberapa nutrisi penting antara lain , Vitamin C, dan kaya akan antioksidan yang baik untuk tubuh

2. Jagung

Jagung dikenal sebagai sumber karbohidrat yang tinggi sehingga dapat dijadikan pengganti nasi. Dalam 100 gram biji jagung terdapat sekitar 80-100 kalori, selain itu jagung juga mengandung beberapa nutrisi penting seperti: serat, protein, karbohidrat kompleks, mineral berupa kalium, fosfor, zat besi, zinc, magnesium, tembaga, dan folat, Vitamin, seperti vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, dan vitamin C Antioksidan, seperti asam fenolat, zeaxhantin dan lutein.

3. Ubi

Ubi merupakan salah satu makanan pengganti nasi yang kaya akan karbohidrat kompleks. Ada berbagai banyak jenis ubi dan salah satu jenis ubi yang cocok dijadikan makanan pengganti nasi yang baik untu diet adalah umbi garut. Umbi garut mengandung nutrisi antara lain: protein, lemak, serat, air, pati, zat besi, magnesium, abu, fosfor, vitamin B6, kalium, folat, riboflavin, dan tiamina.

Mungkin sebagian orang sulit menenmukan ubi garut ini, namun tak perlu khawatir kini ada umbi garut berebentuk sereal. Nutriflakes merupakan sereal berbahan dasar umbi garut yang memiliki berbagai manfaat antara lain: mengatasi asam lambung, GERD, maag. Selain itu Nutriflakes juga dapat dijadikan sereal diet karena kandungan umbi garut yang dapat dijadikan makanan penganti nasi

4. Oatmeal

Oatmeal mengandung karbohidrat serta serat yang baik untuk tubuh, serat yang terkandung dalam oatmeal membuat tubuh merasakan kenyang lebih lama dibandingkan dengan nasi. Nutrisi yang yang terkandung dalam oatmeal diantaranya adalah karbohidrat, serat, lemak, natrium, kalium, protein, kalsium, zat besi, magnesium.

5. Shirataki

Shirataki adalah mi yang terbuat dari glucomannan, sejenis serat yang berasal dari akar tanaman konjac atau konnyaku. Shirataki ini memiliki kandungan karbohidrat yang lebih sedikit dibandingkan dengan nasi namum memiliki kandungan serat yang lebih tinggi.

6. Kacang Merah

Ahli gizi sering menyarankan kacang merah sebagai makanan pengganti nasi yang baik untuk diet karena kandung gizinya yang tinggi. Sama seperti jenis kacang lainnya, kacang merah juga dapat dihitung sebagai sumber protein atau sayuran. Menurut sebuah penelitian, jika seseorang makan kacang merah setiap hari maka, secara tidak langsung ia mengonsumsi lebih banyak protein, serat, folat, zat besi, dan mineral penting lainnya.

7. Nasi Merah

Hampir mirip dengan nasi putih bedanya nasi mereha berwarna merah serta di dalam nasi merah indeks glimekik nya jauh lebih rendah. Tak hanya itu nasi merah juga mengandung B6, zinc, dan juga zat besi, dengan kandungan tersebut nasi merah sangat cocok dijadikan sebagai makanan untuk diet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *