Nutriflakes Sereal Untuk Asam Lambung

Nutriflakes. Penyakit asam lambung yang sering kambuh sangat mengganggu aktivitas sehari-hari kita. Gejala yang biasanya dialami oleh penderita penyakit asam lambung seperti: perut sakit, nyeri atau rasa terbakar di ulu hati, perut kembung, mual dan muntah, mulut terasa asam atau pahit, sering bersendawa, mudah merasa kenyang, dan perut kencang dan keras setelah makan(begah).

Nutriflakes sereal untuk maag

Nutriflakes merupakan sereal yang diformulasikan untuk membantu mengatasi masalah asam lambung. Dibuat dengan bahan herbal sehingga aman dikonsumsi oleh semua kalangan serta tanpa menimbulkan efek samping. Nutriflakes juga cocok dikonsumsi saat bulan puasa sebagai makanan pengganti saur atau sebagai pelengkap saur.

Komposisi Nutriflakes

Umbi Garut

komposisi nutriflakes (umbi garut)

Umbi Garut atau yang memiliki nama Maranta arundinacea adalah tanaman sejenis terna yang menghasilkan umbi yang bisa dimakan. Tanaman ini biasanya ditanam dipekarangan rumah warga sebagai cadangan pangan saat musim paceklik

Umbi Garut mengandung sari pati garut yan bisa menetralkan kadar asam pada lambung. Tidak hanya itu, umbi garut juga dapat menurunkan jumlah asam lambung serta meringankan gejala nyeri, begah, dan kembung pada lambung.

Psyllium Husk

Psyllium Husk atau yang mempunyai nama lain Plantago Ovata merupakan tanaman herbal yang hanya dapat ditemui di dataran tinggi India. Psyllium merupakan nutrisi yang berperan sebagai laksatif untuk meredakan konstipasi atau nyeri pada lambung. Psyllium Husk serat ini dapat menyerap air serta dapat menjaga kelembaban feses sehingga lebih mudah meredakan nyeri pada lambung.

Susu Etawa

Susu kambing etawa mengandung kalsium yang dipercaya baik untuk penderita asam lambung, antioksidan, asam lemak baik, probiotik, zat antasida alami dan mineral alkaline. zat tersebut sudah terbukti dapat menurunkan asam lambung

Daun Kelor Timur

Daun Kelor atau nama ilmiahnya Moringa oleifera yang tumbuh di daratan Pulau Timor, Nusa Tenggara Timur (NTT), saat ini diklaim memiliki kualitas terbaik nomor dua di dunia setelah Spanyol. Daun kelor kaya akan kandungan zat tanin serta zat flavonoid, yaitu antioksidan nabati yang ampuh untuk menyembuhkan peradangan, iritasi, serta mengatasi masalah maag dan asam lambung.

Gula Aren

Gula aren merupakan gula murni yang mengandung Riboflavin dan Thiamin yang membantu proses pembentukan antibodi, energi, dan memperbaiki sel yang rusak, memperbaiki sistem pencernaan serta menetralisir asam lambung, serta banyak mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Perbedaan Maag Biasa dan Maag Kronis

  1. Maag Biasa :Radang lambung yang disebabkan makan terlalu banyak & cepat, konsumsi kafein & soda berlebihan, makanan berlemak, berminyak, dan pedas
  2. Maag Kronis :Radang lambung yang berlangsung dalam periode lama(>6 bulan) , berulang, dan serius. Biasanya maag kronis terjadi akibat maag biasa yang didiamkan. Jika tidak ditangani, bisa berakibat radang usus.

Makanan Yang Dapat Memicu Naiknya Asam Lambung

  1. Gorengan
  2. Susu, Keju, Es krim, Krim
  3. Buah asam (seperti tomat, jeruk, jeruk bali, lemon, jeruk nipis, nanas.)
  4. Coklat
  5. Kopi, Teh, Soda
  6. Daun Mint

Bahaya Asam Lambung Jika Terlalu Banyak dan Jika Terlalu Sedikit

1. Bahaya Asam Lambung Terlalu Banyak

Sebaliknya jika kadar asam lambung terlalu tinggi, ada beragam gangguan yang dapat terjadi, gejala yang akan ditimbulkan seperti : sering merasakan nyeri ulu hati, GERD atau penyakit asam lambung, gigi rusak, masalah pernapasan, radang pada kerongkongan, esophagus barrett.

2. Bahaya Asam Lambung Terlalu Sedikit

Ketika tubuh tidak memproduksi cukup asam lambung, atau dalam istilah medis disebut hipokloridia, gejala yang akan ditimbulkan seperti : perut kembung, sering bersendawa, diare, nyeri perut atau nyeri ulu hati, mual dan muntah, tubuh terasa lemas, sering buang angin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *